Anda sedang membaca...
IT & Gadgets

Sejarah Telepon Seluler (Handphone)

Gadget yang paling sering dipegang manusia saat ini tentu saja adalah handphone. Selain sebagai media telekomunikasi sebagai fungsi dasar, dalam perkembangannya banyak fungsi lain yang bisa dilakukan oleh handphone yang anda pegang saat ini.
Berikut sedikit uraian singkat sejarah handphone yang mungkin bermanfaat sebagai penambah wawasan anda.

Telepon seluler (ponsel) atau telepon genggam atau handphone (HP) atau disebut pula adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Saat ini Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access). Badan yang mengatur telekomunikasi seluler Indonesia adalah Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI).

Sejarah

Penemu sistem telepon genggam yang pertama adalah Martin Cooper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 03 April 1973, walaupun banyak disebut-sebut penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola (divisi tempat Cooper bekerja) dengan model pertama adalah DynaTAC. Ide yang dicetuskan oleh Cooper adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel.

Cooper bersama timnya menghadapi tantangan bagaimana memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil tersebut untuk pertama kalinya. Namun akhirnya sebuah telepon genggam pertama berhasil diselesaikan dengan total bobot seberat dua kilogram. Untuk memproduksinya, Motorola membutuhkan biaya setara dengan US$1 juta. “Pada tahun 1983, telepon genggam portabel berharga US$4 ribu (Rp36 juta) setara dengan US$10 ribu (Rp90 juta).
Setelah berhasil memproduksi telepon genggam, tantangan terbesar berikutnya adalah mengadaptasi infrastruktur untuk mendukung sistem komunikasi telepon genggam tersebut dengan menciptakan sistem jaringan yang hanya membutuhkan 3 MHz spektrum, setara dengan lima channel TV yang tersalur ke seluruh dunia.
Tokoh lain yang diketahui sangat berjasa dalam dunia komunikasi selular adalah Amos Joel Jr yang lahir di Philadelphia, 12 Maret 1918, ia memang diakui dunia sebagai pakar dalam bidang switching. Ia mendapat ijazah bachelor (1940) dan master (1942) dalam teknik elektronik dari MIT. Tidak lama setelah studi, ia memulai kariernya selama 43 tahun (dari Juli 1940-Maret 1983) di Bell Telephone Laboratories, tempat ia menerima lebih dari 70 paten Amerika di bidang telekomunikasi, khususnya di bidang switching. Amos E Joel Jr, membuat sistem penyambung (switching) ponsel dari satu wilayah sel ke wilayah sel yang lain. Switching ini harus bekerja ketika pengguna ponsel bergerak atau berpindah dari satu sel ke sel lain sehingga pembicaraan tidak terputus. Karena penemuan Amos Joel inilah penggunaan ponsel menjadi nyaman.

Generasi Handphone

Saat itu, handphone pertama di dunia disebut sebagai 1G yang masih bersifat analog dan dikenal dengan istilah AMPS, menggunakan frekuensi 825Mhz-894Mhz dan dioperasikan pada Band 800Mhz inilah yang disebut sebagai Handphone Generasi I.
Berkas:Ponsel1973.jpg

Kelemahannya adalah bentuk yang terlalu besar, sehingga kurang nyaman bila digunakan. Selain itu pergerakan pengguna pun dibatasi agar jaringan dapat tetap terhubung karena teknologi saat itu belum maksimal untuk menjangkau jaringan saat pengguna berpindah tempat.

Generasi II muncul pada sekitar tahun 1990-an ada 2G di Amerika dengan menggunakan teknologi CDMA, sedangkan di Eropa menggunakan GSM. Analognya sudah digantikan dengan digital.

Berkas:Ponsel1996.jpg

Untuk Generasi III, sudah hadir koneksi 3G yang menghadirkan layanan internet. Dimana pada generasi ini kecepatan data sudah lebih meningkat dan dapat digunakan untuk panggilan video (Video Call). Untuk tipe inilah yang saat ini paling banyak beredar dipasaran dengan berbagai macam sistem operasi seperti android, mac (apple), windows phone, blackberry, dll.
Sejak generasi III ini mulailah muncul istilah smartphone untuk handphone dengan berbagai kemampuan yang sangat membantu aktivitas kita.
Smartphone Online Shop

Kemudian lahir Generasi IV yang menggunakan koneksi 4G. Koneksi $G ini memberikan kecepatan tinggi,  kualitas baik, jangkauan global, dan fleksibilitas untuk menjelajahi berbagai teknologi berbeda. Kini dapat Anda lihat bagaimana perkembangan handphone dari masa ke masa yang selalu menghadirkan sentuhan teknologi yang canggih.

Sumber : http://blog.tiaracell.com

Iklan

Diskusi

3 respons untuk ‘Sejarah Telepon Seluler (Handphone)

  1. Reblogged this on Sman 27 bandung and commented:
    IT

    Posted by rohissman27 | 12/03/2014, 11:53 am
  2. hihihi coba ponsel gak ditemukan gkgkgk

    Posted by Powerbank | 09/04/2014, 6:30 pm

Komentar anda...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Partner kami :

Pusat Tiket Online Anda

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Blog Stats

  • 76.831 hits
Iklan
%d blogger menyukai ini: